Sabtu, 28 Maret 2020

Kiat-kiat Warga Smapong Mencegah Persebaran Covid-19, #dirumahaja

Virus korona menjadi informasi utama di berbagai media arus utama dan media sosial. Tidak sedikit informasi yang beredar itu merupakan hoaks, yang ironisnya justru lebih dipercaya dan kemudian ikut menimbulkan kepanikan sosial.

Saat ini, Indonesia sedang prihatin karena adanya virus corona. Virus yang pertama kali muncul di negara China ini, kini menjadi pandemi seluruh dunia. Adanya virus corona mengakibatkan banyak kerugian bagi semua orang.

Pemerintah RI, khususnya kemenkes RI telah memandang serius adanya wabah ini. Mereka menggalakkan berbagai upaya agar wabah ini tidak menular dan semakin meluas. Salah satu upaya yang mereka ditegakkan adalah #dirumahaja, hastag yang pertama kali dibuat oleh Najwa Shihab. Sehingga, dengan terpaksa masyarakat Indonesia menuruti perintah ini. Walau tidak semua warga berada dirumah.

Pemerintah mengeluarkan perintah #dirumahaja, semata-mata untuk kebaikan bersama. Walaupun tidak semua orang bisa berada dan bekerja dirumah, tetapi upaya pemerintah ini patut kita hargai. Bagi sebagian orang, mungkin oke-oke saja jika bekerja dirumah, tetapi tidak bagi sebagian orang yang lain. Tak sedikit pula, orang-orang yang harus tetap bekerja diluar demi melangsungkan hidup mereka.

Presiden Jokowi juga telah memberikan keringanan bagi masyarakat-masyarakat kecil yang tidak bisa bekerja #dirumahaja. Salah satunya dengan menunda pembayaran cicilan kendaraan kepada tukang ojek, sopir taksi, dan nelayan selama satu tahun. Dapat dilihat pada link berikut https://youtu.be/bOGquGDwK7c, bahwa pemerintah juga telah memperhatikan dan memberikan kebijakan kepada masyarakat Indonesia terkait adanya virus corona.

Tak hanya bidang ekonomi saja, dunia pendidikan pun merasa dirugikan dengan adanya virus corona ini. Mendikbud RI, Nadiem Makarim, atas segala pertimbangan dari beberapa pihak terkait, mengumumkan apabila Ujian Nasional tingkat SD, SMP, SMA dihapuskan. Tak hanya itu, KBM di sekolah terpaksa diliburkan untuk mencegah persebaran Covid-19.

Warga smapong juga mengikuti arahan serta perintah dari kemendikbud RI terkait diliburkannya siswa untuk mencegah persebaran coronavirus ini. Tak ada pertemuan-pertemuan yang dilakukan, tetap #dirumahaja walaupun merasa bosan. Guru-guru pun aktif memberikan pembelajaran online dan tugas semasa libur lewat situs whatsapp ataupun yang lainnya. Kiat-kiat yang perlu dilakukan adalah
1. Mengikuti bagaimana perkembangan informasi terkait Covid-19 ini.
2. Menerima kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.
3. Tetap patuhi perintah #dirumahaja untuk mencegah coronavirus.
4. Laksanakan tugas yang diberikan guru selama masa libur ini.
5. Jangan lupa jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar ya kawanstay safe & healty warga smapong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar